EduImpact: Jurnal Pengabdian dan Inovasi Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): EduImpact: Jurnal Pengabdian dan Inovasi Masyarakat

EDUKASI TENTANG HIDROPONIK SEBAGAI KEMAJUAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA PADA SISWA SMPN 32 PADANG

Dewi Devita (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Laila Marhayati (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Deby Erdriani (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Seperti yang kita lihat dan rasakan sekarang, lahan untuk bercocok tanam semakin berkurang karena sudah banyak yang berubah menjadi perumahan atau diganti dengan pembangunan gedung lainnya. Maka dari itu saat ini masyarakat sudah mengenal sistem menanam dengan air tanpa perlu adanya lahan yang luas, yang dikenal dengan hidroponik. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa di SMPN 32 Padang mengenai hidroponik. Langkah-langkah yang diambil meliputi edukasi tentang cara-cara menanam hidroponik dan cara-cara merawat tanaman yang dikembangkan dengan sistem hidroponik ini. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup evaluasi untuk mengukur pemahaman dan keterampilan peserta setelah pelatihan. Temuan utama dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai hidroponik. Kesimpulannya, pengabdian ini berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan pemahaman siswa SMPN 32 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EIPM

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

EduImpact: Jurnal Pengabdian dan Inovasi Masyarakat (e-ISSN: 3064-6456 dan p-ISSN: 3089-0101), merupakan publikasi ilmiah berupa artikel luaran Pengabdian kepada Masyarakat atau hasil penelitian yang telah diterapkan kepada mitra (masyarakat) dengan cakupan bidang: pendidikan dan pembelajaran, ...