Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di MTs Babul Ulum Kubu Raya melalui penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Penerapan metode demonstrasi dilakukan dalam enam tahapan: persiapan pembelajaran, penyajian materi, pemeriksaan hasil, pengerjaan tugas individu, dan pemeriksaan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Nilai kognitif rata-rata siswa meningkat dari 65 (sebelum penerapan metode) menjadi 77,5 pada siklus I dan 95 pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan efektivitas metode demonstrasi dalam memperbaiki hasil belajar siswa di MTs Babul Ulum Kubu Raya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024