Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 7 No. 2 (2024): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Online Course Berbasis Project Based Learning Untuk Mata Kuliah “Fotografi Pendidikan”

Arief Ariadi Gunawan (Universitas Negeri Jakarta)
Kunto Imbar Nursetyo (Universitas Negeri Jakarta)
Cecep Kustandi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan online course Fotografi berbasis project-based learning di LMS UNJ untuk Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Produk ini menyasar mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ dengan tujuan memperbarui materi, sumber belajar, petunjuk belajar, dan model pembelajaran. Penelitian menggunakan model ILDF yang meliputi tiga tahap: eksplorasi, penyusunan, dan evaluasi. Hasilnya adalah online course Fotografi dengan learning object dan panduan belajar yang telah dievaluasi oleh ahli materi, desain pembelajaran, dan media pembelajaran. Evaluasi ahli menyarankan penambahan implementasi model Project Based Learning, contoh katalog foto, perubahan format tampilan LMS, penambahan template katalog, dan perbaikan tujuan pembelajaran. Produk ini diuji dengan pengguna secara one-to-one dan kelompok kecil. Evaluasi one-to-one menunjukkan kesesuaian produk dengan beberapa perbaikan penulisan. Evaluasi small group melibatkan 9 mahasiswa yang memberikan rata-rata skor 3,75 (Sangat Baik). Hasil uji coba menunjukkan produk sudah sesuai untuk digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...