JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Media Pembelajaran Blockly Berbasis Website pada Pemahaman Berpikir Komputasional di SDN 10 Nagri Kaler

Iqbal, Arifal Muhamad (Unknown)
Widodo, Suprih (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Studi berikut memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Blockly terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas V di SDN 10 Nagri Kaler. Menggunakan desain Pre-experimental One-Group Pretest-Posttest, studi ini melibatkan 27 murid untuk menjadi sampel. Hasil studi membuktikan bahwasanya rerata nilai siswa meningkat dari 72,96 pada pretest menjadi 81,48 pada posttest, dengan hasil pengujian paired sample t-test yang signifikan (sig. 0,000 < 0,05). Media pembelajaran Blockly terbukti efektif dalam mempermudah siswa memahami konsep pemrograman dasar, seperti logika, looping, dan percabangan, sekaligus meningkatkan motivasi belajar mereka melalui pendekatan yang interaktif. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi seperti Blockly dalam pendidikan dasar dapat mempersiapkan siswa dengan keterampilan komputasional yang esensial di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...