Kepemimpinan pendidikan global berperan strategis dalam mengelola keragaman budaya untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi, tantangan, dan peluang dalam penerapan kepemimpinan pendidikan global melalui studi kasus pengelolaan keberagaman budaya di institusi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggabungkan studi literatur dan analisis kasus dari institusi pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai lokal dan universal, pengembangan pendidikan multikultural, serta pelatihan lintas budaya adalah strategi yang efektif dalam mendukung inklusi dan kolaborasi lintas budaya. Pemimpin pendidikan yang mengadopsi kepemimpinan transformasional dan berbasis nilai menunjukkan kemampuan untuk mengatasi tantangan seperti stereotip budaya, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan sumber daya. Selain itu, kecerdasan budaya (cultural intelligence) terbukti menjadi elemen kunci dalam menjembatani perbedaan budaya dan membangun hubungan yang harmonis. Kepemimpinan pendidikan global yang efektif dapat memanfaatkan keragaman budaya sebagai kekuatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan strategi yang inklusif dan berbasis budaya, pemimpin pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang relevan secara lokal dan kompetitif secara global, sekaligus mempersiapkan siswa untuk menjadi warga dunia yang toleran dan berintegritas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025