Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas V SDN 25 Amping Parak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 68,10 menjadi 80,34 dan persentase ketuntasan belajar dari 51,72% menjadi 96,55%. Model PjBL memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa, kemampuan kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian Zakiyah (2019) dan Sahtoni (2017) yang menunjukkan efektivitas PjBL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
Copyrights © 2025