JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Formulir Ujian Khusus (Ujian Sekolah) di Kelas VI SD Negeri 064025 Medan

Hutahaean, Berman (Unknown)
Lestari, Citra (Unknown)
Ramadhan, Nur Fidyati (Unknown)
Simanjuntak, Maria Nofita Anzerina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar mengenai materi formulir ujian khusus (ujian sekolah) dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik kelas VI SD Negeri 064025 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & MC Taggrat yang dapat dilakukan oleh guru pada setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah seluruh siswa kelas VI D SD Negeri 064025 yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 66,67% dengan rata-rata nilai 75,20. Namun, setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar meningkat menjadi 87,5% dengan rata-rata nilai 83,54 pada siklus kedua. Strategi pembelajaran yang dirancang sesuai dengan gaya belajar, minat, dan tingkat kemampuan siswa terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 064025 Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...