JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pendekatan Open-Ended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 32 Singkawang

Asnawati, Andi (Unknown)
Wirawan, Gunta (Unknown)
Hendriana, Evinna Cinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah penggunaan media poster berbasis pendekatan open-ended learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Singkawang. 2) menganalisis keefektifan penggunaan media pembelajaran poster berbasis model pembelajaran open-ended learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain eksperimen bentuk One-Group Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 32 Singkawang yang berjumlah 29 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 32 Singkawang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dengan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum diberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran poster berbasis model pembelajaran open-ended learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 24,5 dengan kategori jelek. Kemudian hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran poster berbasis model pembelajaran open-ended learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5 dengan kategori baik. 2) Media pembelajaran poster berbasis model pembelajaran open-ended learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...