Pendidikan yang berkualitas memerlukan inovasi dalam metode pengajaran, cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan memperkenalkan konten multimedia interaktif berbasis video animasi ke dalam kelas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Artikel ini membahas implementasi multimedia interaktif berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi mampu untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga mendorong siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Melalui metode deskriptif kualitatif, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN Cijantung 05 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA yang abstrak, hal ini juga meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu, penerapan multimedia interaktif telah terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang bermanfaat dan menarik bagi siswa.
Copyrights © 2025