Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD 7 Tentena melalui penerapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 25 siswa dengan menggunakan instrumen yaitu lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini memiliki dua kriteria ketuntasan yaitu hasil tes mencapai 70% dan keaktifan siswa dengan nilai persentase sebesar ≥80 % keatas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil belajar siswa mencapai 64%, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran 56,02%. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mencapai 100% dan keaktifan siswa mencapai 74%. Pada siklus pertama, kriteria kesiapan guru dalam memberikan pelajaran adalah 2,88 pada interval nilai (2,50 TKG <3,50) dengan kriteria cukup, dan pada siklus kedua mencapai 3,50 pada interval nilai (3,50 TKG < 4,50) dengan kriteria baik. Sehingga kesimpulannya adalah penerapan model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2024