JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD GKST 7 Tentena

Tjenemundan, Delfince (Unknown)
Alfiany, Herlin (Unknown)
Ambotuo, Viskarita F.M. (Unknown)
Alfian, Melky (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD 7 Tentena melalui penerapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 25 siswa dengan menggunakan instrumen yaitu lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini memiliki dua kriteria ketuntasan yaitu hasil tes mencapai 70% dan keaktifan siswa dengan nilai persentase sebesar ≥80 % keatas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil belajar siswa mencapai 64%, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran 56,02%. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mencapai 100% dan keaktifan siswa mencapai  74%. Pada siklus pertama, kriteria kesiapan guru dalam memberikan pelajaran adalah 2,88 pada interval nilai (2,50 TKG <3,50) dengan kriteria cukup, dan pada siklus kedua mencapai 3,50 pada interval nilai (3,50 TKG < 4,50) dengan kriteria baik. Sehingga kesimpulannya adalah penerapan model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...