JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Nilai Didaktis Pada Novel Hijabers in Love Karya Oka Aurora

Putri, Hartati (Unknown)
Zahara, Siti Fatimah (Unknown)
Lubis, Lailan Syafira Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menngetahui nilai-nilai didaktis pada novel Hijabers In Love Karya Oka Aurora dan juga untuk mengetahi makna hijab dan apakah adanya memberikan insprirasi bagi pembaca novel Hijabers In Love Karya Oka Aurora. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data berupa teknik simak,catat dan dokumentasi. Poin-poin yang penting akan menjadi pokok penelitian ini ditandai dan dicatat untuk dikelompokkan sesuai dengan nilai nilai didaktis makna hijab sesuai rumusan masalah yang ada dalam novel Hijabers In Love Karya Oka Aurora yang akan di teliti. Hasil penelitian ini ditemukan adanya 8 nilai didaktis yaitu; nilai saling tolong menolong, nilai menghargai diri sendiri,nilai religious, nilai budaya,nilai kejujuran,nilai kesabaran,nilai toleransi,nilai kegigihan dan keuletan. Pembahasan pada penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yaitu sesuai 8 nilai yang diatas dan makna hijab didalam novel, seberapa pengaruh nya nilai didaktis pada pembaca novel ini semua datanya terdiri dari 5 data, dan 4data bagi makna hijab dan 3 data disetiap nilai-nilai didaktis.Dalam penelitian ini terdapat kata pesan bahwasanya banyak manfaat membaca novel yang bisa kita teliti dan banyak sekali pesan pesan didaktis yang dapat kita ambil dan kita terapkan dalam pembelajaran atau kehidupn sehari hari, terkadang banyak kalangan remaja hanya menjadikan novel hanya sekedar membaca tetapi kita juga dapat mengambil hikmah nya seperti novel ini Hijabers in Love yang dimana novel ini mengajarkan kita untuk menutup aurat kewajiban seorang perempuan muslim.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...