JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Hubungan Penerimaan Diri terhadap Body Image dengan Perilaku Diet Pada Remaja Putri di SMA Negeri 5 Palu

Damayanti, Dewi (Unknown)
Rahmayanti, Elifa Ihda (Unknown)
Kindang, Ismunandar Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Perilaku diet untuk mengurangi berat badan dilakukan oleh remaja karena kurang puas terhadap dirinya atau body imagenya, perilaku diet yang dilakukan remaja putri cenderung tidak sehat. Fenomena yang sering terjadi dikalangan remaja untuk merubah penampilan mereka adalah melalui diet. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan penerimaan diri terhadap body image dengan perilaku diet pada remaja putri di SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analitik, desain cross sectional. Populasi penelitian adalah siswi SMA Negeri 5 Palu kelas XI dan XII yang berjumlah 314 orang dan sampel sebanyak 75 orang dengan teknik pengambilan sampel Probability Sampling. Hasil penelitian dari 75 responden, responden memiliki menerima diri / body image positif memiliki perilaku diet positif sebanyak 45 responden (84.9%), responden dengan menerima diri / body image positif memiliki perilaku diet negatif sebanyak 10 responden (45.5%), yang tidak menerima diri / body image negatif memiliki perilaku diet positif sebanyak 8 responden (15.1%), dan yang tidak menerima diri / Body image negatif dan memiliki perilaku diet negatif sebanyak 12 responden (54.4%). Dengan hasil uji chi square 0,000 (p value ≤0,05). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan diri terhadap body image dengan perilaku diet pada rema putri di SMA Negeri 5 Palu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...