JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penerapan Permainan Kecil terhadap Partisipasi Gerak Aktif Siswa dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

Firnanda, Adistya Prima (Unknown)
Andrijanto, Dony (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu(Quasi Eksperimen). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group Pre-test- post-test. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengisian angket. Data diperoleh dengan cara mengisi angket partisipasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji T, dan uji peningkatan (persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi gerak aktif siswaBerdasarkan analisis data melalui paired sample T-test yang dilihat melalui nilai T hitung dengan t-tabel sebesar 9,178 > 1,697 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan partisipasi gerak aktif siswa Persentase kenaikan partisipasi gerak aktif siswa menggunakan metode permainan kecil yaitu 27,97%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...