Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran SBDP di SD No.15/III Tj. Pauh Mudik, Kerinci. Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SBDP pada tingkat pendidikan dasar memiliki tujuan agar dapat mengembangkan kesadaran seni atau keindahan karena guru sangat kesulitan dalam menguji kreativitas peserta didik. Permasalahan yang dihadapi adalah Sarana prasarana masih minim, sehingga sangat mempengaruhi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat peserta didik untuk kreatif saat guru melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kendala guru dalam meningkatkan kreativitas berpikir pada peserta didik yakni guru belum bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, minimnya sarana prasarana, kemampuan guru yang masih rendah, dan guru kurang kreatif dalam membuat bahan ajar. Upaya yang dilakukan guru dalam menangani permasalahan yaitu menghargai ide-ide yang disampaikan peserta didik, guru dapat merangsang kreativitas peserta didik saat pembelajaran, dan guru harus respek terhadap pertanyaan ataupun jawaban dari peserta didik. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan pembelajaran SBDP untuk melihat kemampuan kreativitas peserta didik.
Copyrights © 2025