Penelitian ini dilakukan karena ada beberapa siswa yang memiliki masalah dalam berbicara. Masalahnya adalah siswa tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris secara komunikatif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan teknik Role Play terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan orang di kelas delapan Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik Role Play terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan orang di kelas delapan Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba tahun pelajaran 2022/2023. Disajikan dengan menggunakan statistik uji sampel berpasangan SPSS. Kriteria uji t sederhana berpasangan adalah Ha diterima bila uji signifikansi < 0,005, sebaliknya Ho ditolak.
Copyrights © 2025