JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

P5: Implementasi Penerapan Nilai Karakter Sosial Melalui Pembelajaran IPS SD/MI

Harahap, Wafi (Unknown)
Harahap, Army Fahita (Unknown)
Rangkuti, Luthfiyah Hayati (Unknown)
Manjuntak, Miftah Hayati (Unknown)
Rahmadi, Ihsan (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

P5 merupakan program pembelajaran yang memiliki tujuan membentuk siswa menjadi individu yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam implementasinya guru memiliki peran penting dalam menjalan program ini. Namun, sebagian guru masih belum sepenuhnya memahami bagaimana cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam integrasi P5 ini. Tanpa pemahaman yang mendalam, sulit bagi mereka untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memastikan seberapa banyak guru mengetahui atau memahami mengenai P5 dalam implementasi nilai karakter sosial melalui pembelajaran IPS. Adapun metode penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan Proses penelitian dimulai dengan pengumpulan literatur yang relevan dan mempelajarinya secara mendalam, kemudian adanya kuesioner penelitian dari goggle form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju bahwa penerapan P5 memerlukan kompetensi guru yang kreatif dan inovatif, serta pemahaman mendalam tentang konsep P5. Kemudian sebagian besar responden setuju bahwa program ini memiliki tujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...