JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Strategi Pembelajaran Think Pair Share Pada Pembelajaran PAI di SMPS IT Ikhwanul Muslimin

Arlina, Arlina (Unknown)
Nazaruddin, Nazaruddin (Unknown)
Siregar, Ratih Naila (Unknown)
Aini, Yusnifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Implementasi strategi pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan kolaboratif di dalam kelas. Penelitian ini mengkaji penerapan TPS dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data terkait interaksi dan persepsi siswa. Melalui penerapan TPS, siswa diberi kesempatan untuk berpikir secara mandiri, berdiskusi dengan pasangan,dan berbagi ide mereka di depan kelas, yang mendorong pembelajaran yang lebih mendalam dan partisipasi aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPS secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi antar teman sejawat. Temuan ini menunjukkan bahwa TPS adalah strategi yang efektif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, yang berdampak pada peningkatan prestasi akademik dan rasa percaya diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...