JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III UPTD SDN 191 Barru

Adam, Andi (Unknown)
Najmiah, Najmiah (Unknown)
Ismawardani, Ismawardani (Unknown)
Zahra, Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran berupa gambar seri di kelas III UPTD SDN 191 Barru. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Media gambar seri, yang berisi gambar saling berkaitan, digunakan untuk membantu siswa memahami materi secara kronologis, menarik minat, dan memperkuat ingatan. Yang menjadi subjek penelitian adalah murid kelas III UPTD SDN 191 Barru sebanyak 24 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I, siklus II. Setelah dilaksanakan dua kali tes siklus, banyak murid yang tuntas secara perorangan pada siklus I adalah 16 murid meningkat menjadi 23 murid pada siklus II. Pada siklus I ketidak tuntasan belajar murid ada 8 orang dan pada siklus ke II ketidak tuntasan belajar murid tersisa 1 orang. Dengan demikian penggunaan model media gambar seri sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran murid kelas III UPTD SDN 191 Barru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...