Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Vol 3 No 1 (2025): JUMABI : JANUARI

Pengaruh Cerita Rakyat (Marchen) Terhadap Persepsi Ekonomi dan Pilihan Konsumen di Era Digital

Hery Fadly (Unknown)
Yusuf, Deddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cerita rakyat (Marchen) terhadap persepsi ekonomi dan pilihan konsumen. Cerita rakyat yang sering mengandung nilai-nilai budaya, sosial, dan moral memiliki potensi untuk mempengaruhi pandangan dan keputusan konsumen dalam konteks ekonomi. Melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana elemen-elemen cerita rakyat, seperti tokoh-tokoh pahlawan, mitos, dan alegori moral, dapat membentuk persepsi konsumen terhadap produk dan layanan tertentu. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan konsumen yang terpapar cerita rakyat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat dapat menciptakan asosiasi positif atau negatif terhadap brand, produk, dan bahkan perilaku konsumen, tergantung pada konteks cerita yang disampaikan. Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat dapat memengaruhi kepercayaan dan preferensi konsumen terhadap produk lokal maupun internasional. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemasar dan pengusaha dalam merancang strategi pemasaran yang mempertimbangkan pengaruh budaya dan cerita rakyat dalam pembentukan persepsi ekonomi konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-jumabi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JUMABI: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis adalah jurnal peer-review akses terbuka yang menerbitkan penelitian asli dan tinjauan literatur di bidang Manajemen, Akuntansi dan Bisnis. JUMABI: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis mempertimbangkan artikel yang telah dikirim sesuai dengan focus and ...