INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024

Analisis Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 06 Kempo

Islamiansyah, Al (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Haryanto, Lutfin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menciptakan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk digunakan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran Powerpointt Interaktif Materi IPS dengan menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan RD.  Jenis data dalam penelitian ini ialah Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dari ahli media dan ahli materi pada tahap validasi produk dan Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli media, validasi ahli materi dan Bahasa terkait pemahaman siswa terhadap konsep statistika. Subjek sebanyak 5 responden siswa kelas VIII SMP 06 Kempo. yang dipilih secara acak atau random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh 90,6% dengan kategori “sangat layak. Selanjutnya pada tahap Implementasi diperoleh Beberapa aspek antara lain ; 1) Media mudah digunakan sebanyak 91% dengan kategori Sangat Layak, 2) Bahasa yang digunakan mudah dipahami sebanyak 95% dengan kategori Sangat Layak, 3) Kesesuaian Gambar persentase 87,50% dengan kategori Sangat Layak, 4) Ketertarikan  Kesesuaian Gambar sebanyak 100% dengan kategori Sangat Layak, dan 5) Memahami Konsep dengan Baik sebanyak  91% kategori Sangat Layak. Total keseluruhan Rata-rata sebanyak 92,9 % dengan kategori sangat layak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...