Proses pertumbuhan, perkembangan, perkembangan, dan transformasi dari tidak terorganisir menjadi terorganisir dikenal dengan istilah pendidikan. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah bagian dari manajemen dan pengelolaan pendidikan, baik sekolah maupun pendidikan dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Bimbingan Konseling (BK) dalam meningkatkan kualitas perkembangan peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa komite sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan semuanya terlibat dalam perencanaan manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di SDN 067243 Medan artinya menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2025