Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V SD Al-Fatah 1 Ambon, dengan sampel sebanyak 42 siswa, terdiri dari 21 siswa kelas V-1 sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas V-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan Canva dengan siswa kelas kontrol yang belajar menggunakan metode konvensional. Analisis data menghasilkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, sehingga diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam proses pendidikan. Selain itu, Canva dinilai mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui visualisasi yang menarik. Implikasi penelitian ini memberikan dasar untuk mengintegrasikan teknologi kreatif seperti Canva dalam berbagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024