LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK 3 SURABAYA

WARDANI, TUESDAY TRI (Unknown)
SUPARJI, SUPARJI (Unknown)
WIYONO, AGUS (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

The purpose of this study is to analyze the influence of interactive multimedia-assisted direct instruction on students' understanding of concepts in the engineering drawing elements of class X DPIB SMK 3 Surabaya. In this study, the researcher uses an approach method or a type of quantitative research. The design used in this study was the Pre-test post-test control group design. The population in this study is all class X students at SMK 3 Surabaya which totals 100 students. The sample in this study was determined using the purposive sampling technique. Based on the sample selection technique, samples can be selected, namely classes X A and X B SMK 3 Surabaya. The data collection technique carried out is a test technique. The test instrument is in the form of an essay test question which is used to measure students' understanding of concepts. The data analysis techniques used are prerequisite tests consisting of normality and homogeneity tests and hypothesis tests consisting of T tests and linear regression analysis. The results of this study show that based on the results of the study, there is an influence of the interactive multimedia-assisted direct instruction model on students' understanding of concepts in the engineering drawing elements of students of class X DPIB SMK 3 Surabaya. This is evidenced by the average result of students during the pretest of 43 while during the posttest or after being given treatment using direct instruction assisted by interactive multimedia of 75. The results of the independent sample t-test showed that the Sig. value showed a result of 0.00 < 0.05 meaning that H0 was rejected, in other words that there was an initial mean difference between the experimental class and the control class. The results of the linear regression analysis test showed that the Sig value in the table was 0.001, meaning < 0.05 which means that there is an influence of direct instruction assisted by interactive multimedia on the understanding of mathematical concepts of students in class X DPIB SMK 3 Surabaya. It is expected to contribute to the use of varied models and the use of media in learning in accordance with technological developments so as to create fun and meaningful learning for students. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh direct instruction berbantuan multimedia interaktif terhadap pemahaman kosep siswa pada elemen gambar teknik kelas X DPIB SMK 3 Surabaya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan atau tipe penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini Pre-test post-test control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK 3 Surabaya yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik pemilihan sampel, maka dapat dipilih sampel yaitu kelas X A dan X B SMK 3 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes. Instrumen tes berupa soal tes berbentuk essay yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model direct instruction berbantuan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep siswa pada elemen gambar teknik siswa kelas X DPIB SMK 3 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata siswa ketika pretest sebesar 43 sedangkan saat posttest atau setelah diberikan perlakuan menggunakan direct instruction berbantuan multimedia interaktif sebesar 75. Hasil independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. menunjukkan hasil sebesar 0.00 < 0.05 artinya H0 ditolak, dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan rata-rata awal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari uji analisis regresi linier menunjukkan nilai Sig pada tabel sebesar 0,001 artinya < 0,05 yang memiliki makna terdapat pengaruh direct instruction berbantuan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X DPIB SMK 3 Surabaya. diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penggunaan model yang bervariatif serta penggunaan media dalam pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...