At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam
Vol. 7 No. 1 (2025): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam

PERAN BAHAN AJAR, MEDIA DAN SUMBER BELAJAR: KUNCI SUKSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Lestari, Ceni_Amalia Ayu (Unknown)
Ana Dwi Lestari (Unknown)
Innayatul Magfirah (Unknown)
Samsul Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penggunaan bahan ajar, media, dan sumber belajar menjadi sangat krusial dalam proses pembelajaran. Adanya seperangkat alat pembelajaran yang berupa bahan ajar, media, dan sumber belajar yang berkualitas, menjadikan proses pembelajaran menghasilkan output Pendidikan yang berkulitas. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran bahan ajar, media, dan sumber belajar tersebut yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan efektivitas pembelajaran peserta didik, khususnya pada pembelajaran Pendidikan agama Islam yang mengajarkan pengetahuan agama, membentuk karakter, serta menanamkan nilai-nilai moral peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur dengan penelusuran kepustakaan dengan bersumber dari buku, jurnal, dan terbitan-terbitan lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini menghasilkan data-data berupa penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu mengenai pemanfaatan dari sumber belajar berbasis multimedia yang diuji coba di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu, dan MI Miftahul Hidayah. Adapun hasil pengamatan tersebut mendapat respon baik yang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa, peranan bahan ajar, media, dan sumber belajar tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menghasilkan output yang baik. Kata kunci : Bahan Ajar, Media, Sumber Pembelajaran, PAI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thullab

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and ...