PEDAGOGIKA
Vol 15 No 2 (2024): Vol 15 No 2 (2024): Oktober

Penerapan Teknologi Digital dalam Manajemen Kelas Inklusif di Sekolah Dasar

Nuzuliana, Syarifah (Unknown)
Pujiyati, Pujiyati (Unknown)
Budi Santosa, Achadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Sekolah tidak hanya menerima siswa reguler saja namun juga dapat menerima siswa berkebutuhan khusus, oleh karena itu sekolah semacam ini dapat disebut sebagai sekolah inklusi. Dalam sistem pendidikan yang inklusif, semua siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, berhak mendapatkan pendidikan berkualitas yang setara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap pengelolaan kelas inklusif berbasis teknologi digital di Sekolah Dasar. Cara pengambilan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen dilakukan melalui tahap perencanaan, meliputi pembahasan kurikulum, dukungan sumber daya, sarana prasarana, kolaborasi, deteksi dini dan pelatihan pengembangan keterampilan guru terhadap siswa berkebutuhan khusus. Strategi dan metode pembelajaran dilakukan berbasis digital dengan menggunakan LCD proyektor, serta aplikasi pendukung seperti Canva, Power Point, dan Quiziz. Pengorganisasian dilakukan dengan cara pembagian tim beserta ketugasan masing-masing. Pelaksanaan kelas inklusi telah berjalan sesuai dengan perencanaan, hasil evaluasi menunjukan siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus dapat berinteraksi dengan cukup baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...