Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR)

Darmawan, Puguh (Unknown)
Firdausa, Rossa Ayudyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

IPAS termasuk matapelajaran yang dianggap sulit dan kurang menyenangkan sehingga menjadi salah satu penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa SD. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif seperti Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS ketika menggunakan media interaktif Augmented Reality. Media Augmented Reality berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan AR, materi pelajaran yang sebelumnya abstrak atau sulit dipahami dapat dihadirkan secara visual dan interaktif, membuat siswamenjadi lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tingkat motivasi belajar dinilai berdasarkan indikator-indikator yang ada pada empat aspek motivasi belajar, yaitu ketertarikan terhadap tugas, meningkatkan upaya untuk sukses, meningkatkan ketekunan dan kegigihan, serta percaya diri selama pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah ppenggunaan media Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS menunjukkan motivasi belajar yang sangat tinggi pada siswa Sekolah Dasar dengan persentase 93,23%. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, diharapkan pendidik dapat lebih kreatif dalam menggunakan teknologisebagai media pembalajaran sehingga dapat meningkatkan hasi lbelajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...