IPAS termasuk matapelajaran yang dianggap sulit dan kurang menyenangkan sehingga menjadi salah satu penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa SD. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif seperti Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS ketika menggunakan media interaktif Augmented Reality. Media Augmented Reality berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan AR, materi pelajaran yang sebelumnya abstrak atau sulit dipahami dapat dihadirkan secara visual dan interaktif, membuat siswamenjadi lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tingkat motivasi belajar dinilai berdasarkan indikator-indikator yang ada pada empat aspek motivasi belajar, yaitu ketertarikan terhadap tugas, meningkatkan upaya untuk sukses, meningkatkan ketekunan dan kegigihan, serta percaya diri selama pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah ppenggunaan media Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS menunjukkan motivasi belajar yang sangat tinggi pada siswa Sekolah Dasar dengan persentase 93,23%. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, diharapkan pendidik dapat lebih kreatif dalam menggunakan teknologisebagai media pembalajaran sehingga dapat meningkatkan hasi lbelajar siswa.
Copyrights © 2024