Multidisciplinary Indonesian Center Journal
Vol. 2 No. 1 (2025): Vol. 2 No. 1 Edisi Januari 2025

PEMBERDAYAAN E DIGITAL DALAM MENGUATKAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMA MAMIAY KOTA MEDAN

Dahrul Siregar (Universitas Medan Area)
Finta Aramita (Universitas Medan Area)
Retna Siregar (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan siswa SMA Mamiay Medan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan kewirausahaan. Program dilaksanakan selama 6 bulan dengan melibatkan 92 siswa kelas X dan XI. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan, praktik langsung, dan pendampingan intensif dengan pendekatan blended learning. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi digital siswa dari rata-rata 45% menjadi 82%. Program ini berhasil menciptakan 43 unit usaha digital aktif dengan total omset Rp 68,5 juta dalam 3 bulan operasional. Tingkat kehadiran peserta mencapai 85%, melampaui target awal 80%. Dampak program terlihat dari peningkatan rata-rata pendapatan siswa sebesar Rp 750.000/bulan dan terbentuknya tiga komunitas wirausaha digital. Keberlanjutan program didukung oleh pembentukan inkubator bisnis sekolah dan pengembangan jaringan mentor. Program ini berkontribusi dalam pengembangan model pemberdayaan kewirausahaan digital untuk siswa SMA yang dapat direplikasi di institusi pendidikan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

micjo

Publisher

Subject

Religion Humanities Earth & Planetary Sciences Education Other

Description

Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) adalah Jurnal multidisiplin yang membahas dan mengkaji semua disiplin ilmu, seperti: - Humaniora - Ilmu sosial - IPA - Ilmu hukum - Ilmu pendidikan, - Ilmu agama - Ilmu bahasa - Filsafat, - Teknik - Bisnis - Ekonomi - Manajemen - Teknologi ...