Penelitian ini berawal dari adanya berbagai permasalahan di lapangan yang menunjukkan bahwa kepuasan nasabah masih belum optimal. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan: pengaruh dari kualitas layanan, kualitas produk dan pengaruh iklan terhadap kepuasan nasabah pada BNI Cabang Banjar. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta atau sifat objek serta menginterpretasikan hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas dari pelayanan, memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, yang artinya jika dilakukan peningkatan pada kualitas pelayanan maka akan diikuti oleh peningkatan kepuasan nasabah. Tanggapan responden juga menunjukan kualitas produk berpengaruh positif pada, kepuasan nasabah. Dapat disimpulan bahwa jika kualitas produk ditingkatkan maka kepuasan nasabah juga akan meningkat. Diketahui juga pengaruh positif iklan terhadap kepuasan nasabah. Dapat disimpulkan bahwa apabila iklan dilakukan peningkatan maka akan diikuti oleh peningkatan kepuasan nasabah. Tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan iklan cenderung baik, begitu juga dengan kepuasan nasabah, termasuk kategori baik. Dapat dimspulkan bahwa apabila kualitas pelayanan, kualitas produk dan iklan terus ditingkatkan maka akan diikuti oleh peningkatan kepuasan nasabahnya.
Copyrights © 2025