JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling
Vol 3, No 1 (2025): Februari 2025

Pemberdayaan Ekonomi dan Ekologi Masyarakat Berdasarkan Nilai-Nilai Agama Buddha

Kurniawan, Pedi (Unknown)
Sakawana, Sakawana (Unknown)
Sriyana, Sriyana (Unknown)
Nyanakaruno, Kabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Pemberdayaan ekonomi dan ekologi menjadi isu yang semakin mendesak di tengah tantangan global seperti perubahan iklim, penurunan sumber daya alam, dan ketidakadilan sosial. Banyak masyarakat di seluruh dunia menghadapi kesulitan dalam mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan, baik secara ekonomi maupun lingkungan. Pendekatan berbasis nilai-nilai agama Buddha menawarkan perspektif holistik dalam mengatasi permasalahan ini. Nilai-nilai Buddha memberikan pedoman bagi para perumah tangga untuk memperoleh penghasilan tanpa mengabaikan prinsip moral, serta cara mengelola harta dengan bijaksana untuk menghadapi masa-masa sulit. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang ajaran Buddha dan penerapannya dalam konteks ekonomi dan lingkungan, diharapkan masyarakat dapat menemukan cara yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan dan harmonis. Ajaran Buddha menekankan prinsip-prinsip ahimsa (tanpa kekerasan) dan interdependensi, yang mendorong individu untuk tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi tetapi juga dampak dari tindakan yang dilakukan terhadap orang lain dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk membangun pemahaman yang holistik dan kontekstual tentang fenomena yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamparing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang; 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Bisnis 4. Manajemen 5. Pajak 6. Pariwisata 7. Sosial-Budaya 8. Pendidikan/Pembelajaran 9. ...