Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025

Teks Naratif Favorit Pilihan Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Instrumen Google Form

Nurhuda, Aris (Unknown)
Djawa, Alex (Unknown)
Pane, Betharia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang; 2) sama-tidaknya teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa X SMA Negeri 7 Kupang yang mengisi kuesioner di google form yang disebarkan secara acak via guru Bahasa Indonesia berbasis WhatsApp. Mereka berjumlah 129 siswa yang terbagi dari 6 kelas paralel. Sampel ditetapkan 98 siswa; sesuai dengan formula Slavin. Jumlah sampel per kelompok ini ditetapkan secara proporsi yang dirarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Teks naratif yang dimaksud dalam artikel ini adalah teks eksposisi topik IPA, teks ekposisi topik matematika, teks prosedur topik IPA, dan teks prosedur topik matematika. Untuk mengumpulkan data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang digunakan instrumen kuesioner via google form dengan sistem tertutup yang memenuhi syarat validitas isi. Data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang dianalisis menggunakan korelasi kontingensi melalui penghitungan manual. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data google form melalui excel dan memvalidasi secara internal hasil penghitungan korelasi kontingensi. Temuan penelitian: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang adalah teks eksposisi; 2) terdapat perbedaan teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...