Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa; 2) sama-tidaknya kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun akademis 2024/2025 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Populasi penelitian ini adalah para mahasiswa angkatan 2023 S-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengisi kuesioner berbasis google form via WhatsApp. Mereka berjumlah 74 mahasiswa yang terbagi dari 3 kelas paralel. Penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah anggota per kelompok sampel relatif kecil. Para mahasiswa diminta memilih yakni menilai kualitas pantun dengan sistem tertutup: 1) sangat tidak berkualitas; 2) tidak berkualitas; 3) berkualitas; 4) sangat berkualitas. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi hasil jawaban mahasiswa dari lembar excel dan memvalidasi hasil analisis data kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa. Data penilaian kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa dianalisis menggunakan prinsip modus dari kelompok statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) pantun-1 tidak berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 2) pantun-2 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 3) pantun-3 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 4) pantun-4 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 5) pantun-5 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 6) tidak terdapat perbedaan kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel.
Copyrights © 2025