Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilengkapi dengan penggunaan media Kahoot. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX-1 di SMP Laboratorium Undiksha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa kelas IX-1. Proses penelitian dilakukan dalam beberapa siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes objektif dan angket/kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan fokus pada pencapaian target motivasi belajar sebesar ≤75 dan partisipasi siswa yang mencerminkan keberhasilan tindakan serta ketuntasan klasikal 70%. Hasil yang didapatkan selama siklus I dan II bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, (2) motivasi siswa meningkat dari 60,63% pada siklus 1 menjadi 84,15% pada siklus 2, dan (3) hasil tes objektif menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam materi pembelajaran juga meningkat, dengan ketuntasan tindakan 59,47% dan ketuntasan klasikal 21,05% pada siklus 1, serta ketuntasan tindakan 80,52% dan ketuntasan klasikal 100% pada siklus 2.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025