Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 1 (2025): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Evaluasi Program Budaya 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun Sebagai Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa MIS Nurul Muttaqin Topoyo Menggunakan Model CIPP

Usa, Amri (Unknown)
Ibrahim, Misykat Malik (Unknown)
Rasyid, Muhammad Nur Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Program 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun) sebagai langkah untuk memperkuat Akhlakul Karimah di antara siswa MIS Nurul Muttaqin Topoyo dengan menerapkan Model CIPP (Konteks, Input, Proses, Produk). Penelitian ini mencakup analisis mengenai konteks, input, proses, dan hasil dari program budaya 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun), diharapkan dapat memberikan wawasan menyeluruh tentang kelebihan dan kekurangan dalam implementasi atau pelaksanaan program tersebut. Jenis penelitian yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriftif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, interviu (wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, data display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun dapat meningkatkan hubungan sosial antar siswa. Dari segi konteks, hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya 5S sebuah program yang sangat penting dan dibutuhkan oleh madrasah dalam rangka mewujudkan visi dan misi madrasah, dari komponen input, menujukkan bahwa ketersediaan juknis dan anggaran menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan program budaya 5S, Namun terdapat beberapa kendala terkait dengan keterbatasan fasilitas. Dari segi proses, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya 5S memiliki peluang dan tantangan, akan tetapi kesiapan dan dukungan dari kepala madrasah dan juga guru menjadi salah satu faktor keberhasilan program ini walaupun masih kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendukung program ini. Dari segi produk, penerpaan budaya 5S di kalangan siswa memberikan pengaruh terhadap kebiasaan siswa dalam memperbaiki disiplin, dan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan karakter siswa. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan untuk meningkatkan dukungan sumber daya dan memperkuat kerjasama antara madrasah dan orang tua guna memperbesar dampak program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun terhadap pembentukan Akhlakul Karimah untuk seluruh siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...