JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 1 (2025): Januari

ANALISIS PEMBELAJARAN PRAKTIK MATEMATIKA BANGUN RUANG TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PHATNAWITYA YALA THAILAND

Ayuni, Naili Qurrotil (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)
Eka Subekti3, Ervina Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini ingin mengetahui seberapa efektif Metode Pembelajaran Praktik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kegiatan belajar mengajar, tes tertulis untuk mengukur kompetensi matematika siswa, akan dilakukan tes tertulis, dan untuk mengetahui pemahaman konsep, akan diberikan angket. Penelitian ini dirancang dalam bentuk studi kasus dengan dua siklus, masing-masing dengan durasi satu pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi yang diterapkan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa. Hasil yang sangat membanggakan terlihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM. Pada akhir siklus pertama, persentase ini sudah mencapai 70,97%, dan terus meningkat menjadi 80,65% pada akhir siklus kedua. Peningkatan minat belajar dan prestasi siswa dalam Matematika sebesar hampir 30% membuktikan keberhasilan penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dan PraktikAbstract: The goal of this research is to measure the degree to which the Practical Learning Method can enhance students' engagement in mathematics and their mastery of mathematical concepts. Research data was collected through observation of teaching and learning activities, written tests to measure students' mathematical skills, and questionnaires to evaluate students' comprehension of the taught material. The study consisted of two cycles, each with a single session. The results show a significant improvements in both the teaching and learning processes, leading to increased student achievement. The number of students achieving the minimum passing grade rose steadily from 15 to 22 in the first cycle and then to 25 in the second cycle. The conclusion of this study is that the application of the Contextual and Practical Learning Model is proven to increase around 30% of students' interest and the results of mathematics instruction for fifth-grade students at Phatnawitya Yala Elementary School, Thailand

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...