Kesehatan anak merupakan pondasi utama untuk pertumbuhan, perkembangan fisik dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi program berkebun sebagai pendekatan pendidikan kesehatan pada anak usia dini di TPA Dandelion Daycare Plus, Kota Depok. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi yang melibatkan pendidik, pengelola, orang tua dan anak usia 3-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program berkebun memberikan manfaat holistik, antara lain meningkatkan pengetahuan, keterampilan motorik dan sikap hidup sehat pada anak. Aktivitas berkebun seperti menanam, menyemai dan memanen, diintegrasikan dengan tema pembelajaran harian yang dirancang untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial, emosional dan fisik anak. Inovasi dilakukan pada sistem penanaman dengan bentuk mini garden, wall garden serta kegiatan tambahan cooking project serta market day dari hasil panen kebun yang berhasil menciptakan pengalaman belajar bermakna mendukung pembentukkan kebiasaan hidup sehat. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaan rutin, program berkebun terbukti efektif dalam membangun kesadaran anak pada kesehatan dan lingkungan, sehingga dapat menjadi model pendidikan kesehatan yang aplikatif dan menyenangkan untuk anak usia dini.
Copyrights © 2025