Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh permainan game online terhadap pemahaman numerasi anak usia 7-8 tahun. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah game online dapat menjadi alat yang efektif dalam mempengaruhi kemampuan numerasi pada usia tersebut. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif digunakan peneliti untuk menyajian dan menyusunan data ke dalam gambar, grafik atau histogram. Subyek penelitian ini adalah siswa SD usia 7-8 tahun di Sekolah XYZ Jakarta sebanyak 84 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedang analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji. Hasil uji hubungan dengan menggunakan regresi linear sederhana bahwa variabel y yang merupakan variabel terikat dari variabel x memiliki nilai 0,34 dengan memiliki internal koefisien rendah. Dimana r tabel dengan alpha 5% untuk N=77 yaitu 0,22 maka R hitung > R tabel memiliki hubungan. Pengaruh permainan online terhadap kemampuan numerasi memiliki hubungan tetapi memiliki tingkat hubungan yang rendah. Hasil dari nilai koefisien determinasi (KD) menunjukkan bahwa 11,8% kemampuan numerasi pada anak usia 7-8 tahun di sekolah XYZ dipengaruhi oleh permainan online, sedangkan 88,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Hal ini menunjukan bahwa yang mempengaruhi kemampuan numerasi pada anak usia 7-8 tahun bukan hanya dengan bermain game online tetapi banyak faktor lain yang mempengaruhi kemampuan tersebut.
Copyrights © 2024