Jurnal Jendela Matematika
Vol. 3 No. 01 (2025): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2025

Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas XI

Safitri, Ananda Dewi (Unknown)
Nupus, Zakiatun (Unknown)
Bilda, Westi (Unknown)
Raharjo, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis memecahkan permasalahan matematika pada siswa kelas XI dengan langkah-langkah Polya. Menggunakan metode kualitatif, dengan pemilihan subjek yang dilakukan melalui teknik purposive sampling. Pemilihan sampel dilakukan pada 10 subjek melalui wawancara dan tiga siswa dipilih secara acak dengan memberikan soal kepada siswa kelas XI menengah sekolah atas yang terletak di salah satu Kota Tangerang. Temuan dari penelitian menunjukan bahwa masih terdapat kesulitan dan kesalahan dalam penyelesai an masalah matematika. Anak didik dengan kapasitas pemecahan masalah matematis terdapat di klasifikasi sangat tinggi dengan persentase 93,33%, peserta didik pada golongan tinggi presentase 76,67%, pelajar dalam tingkat sedang dengan persentase 60%, dan klasifikasi rendah dengan persentase 30%. Strategi yang paling sering dipakai untuk memecahkan masalah adalah trial and error, di mana kita bereksperimen untuk mencari solusi sesuai kemampuan yang kita punya. Setelah itu, kita bisa buat gambar atau diagram supaya masalahnya lebih jelas, cari pola, tulis rumus dari pola itu, dan bekerja mulai dari belakang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...