Jurnal Jendela Matematika
Vol. 3 No. 01 (2025): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2025

Implementasi Structural Equation Modeling Dalam Mengetahui Dampak Persepsi Siswa Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar

Simarmata, Justin Eduardo (Unknown)
Kono, Metriana Maria (Unknown)
Laja, Yosepha Patricia Wua (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh variabel persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kefamenanu yang berjumlah 201 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sensus di mana seluruh anggota dalam populasi digunakan sebagai sampel. Untuk memperoleh tujuan penelitian ini, Peneliti menggunakan instrumen berupa kuisioner dan dokumentasi hasil belajar siswa. Dalam pengolahan data digunakan metode analisis structural equation modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat  diketahui melalui nilai koefisien jalur yang bertanda negatif yaitu sebesar -0.15. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa memiliki pengaruh signifikan dengan koefisien determinasi  sebesar 53%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa berkontribusi sebesar 53% terhadap hasil belajar, sisanya adalah variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...