Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Al Khidma Vol. 5 No. 1 Januari 2025

Pelatihan Regulasi Emosi Pengajar dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Yogyakarta

Santoso, Ayu Meryka (Unknown)
Assya'bani, Ridhatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) tidak hanya tentang ilmu, tetapi juga pembentukan karakter. Regulasi emosi menjadi kunci menciptakan suasana belajar yang kondusif dan hamonis, pendidik harus dibekali ketrampilan mengelola emosi, sehingga proses belajar mengajar berjalan lebih efektif. Guru diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar menarik dalam penanaman karakter regulasi emosi pada anak. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pengaturan emosi yang efektif, menilai dampaknya pada lingkungan belajar, dan merekomendasikan intervensi praktis bagi para pendidik. Peserta dalam pelatihan ini adalah para guru di MDT Yasmin, Budi Mulia Yogyakarta dan TPA An-Noor, yang berjumlah 14 orang, dengan karakteristik peserta berusia 20 hingga 40 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dan bertugas sebagai pengajar di MDT. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam beberapa sesi yaitu: pembukaan, pemberian skala pre-test, pembekalan materi regulasi emosi, pemberian skala post-test, dan penutup. Teknik relaksasi dan mindfulness juga diberikan sebagai salah satu pendekatan untuk meregulasi emosi. Hasil analisis pretest dan postest menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman regulasi emosi guru dalam proses pembelajaran siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Al-khidma

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Al Khidma adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai. Jurnal Al Khidma memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain ...