Perkembangan sektor UMKM ini bergantung pada calon konsumen, inovasi serta kreativitas dari para pelaku UMKM. Faktanya, pelaku UMKM di Desa Ciparungsari menghadapi kendala kurangnya dukungan dan pemasaran produk mereka. Kurangnya pemahaman pasar bagi UMKM, sehingga UMKM belum mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Selain itu, kurangnya promosi terhadap produk yang dijual. Kurangnya promosi disebabkan karena pelaku UMKM kurang memahami cara promosi yang tepat. Serta, kurangnya inovasi terhadap produk yang dijual sehingga mengakibatkan tampilan atau rasanya masih monoton atau biasa. Tujuan PKM ini tentang melakukan pendampingan pemasaran produk pada pelaku UMKM di Desa Ciparungsari, melalui kegiatan bazar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pendampingan, praktik, dan evaluasi. Hasil PKM dapat disimpulkan bahwa,pelaku UMKM di Desa Ciparungsari sudah memahami pentingnya pemahaman pasar untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan konsumen. Selain itu, sudah memahami terkait pentingnya promosi dengan memanfaatkan media digital untuk melakukan promosi, serta pelaku UMKM telah memahami pentingnya inovasi terhadap suatu produk untuk menarik perhatian pembeli atau konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024