Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran tradisi manaqiban kelompok tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dalam konteks penyebaran dan pengamalan Islam di Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengungkap bagaimana tradisi manaqiban kelompok tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah di Joglo Ast-Syafa’ah telah menjadi salah satu instrument penting dalam memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat. Melalui pembacaan manaqib, istighotsah, tawajuh, dzikir, dan berbagai macam ritual lainnya, tradisi ini telah berhasil menciptakan ikatan spiritual yang kuat antara masyarakat dengan ajaran Islam. Lebih dari itu, tradisi manaqiban juga berfungsi sebagai media sosialisasi nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang sejalan dengan ajaran-ajaran Islam, sehingga berkontribusi pada pembentukan karakter masyarakat yang religius dan berakhlak mulia. Metode pengumpul data dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Data primer yang berupa hasil dari catatan dan pengamatan langsung di lapangan yang diperoleh melalui proses wawancara dengan kepala desa Pulau Semambu, pembina, serta jamaah manaqib Joglo Asy-Syafa’ah. Sedangkan data sekunder berupa data dari dokumen-dokumen yang digunakan untuk mendukung informasi yang didapatkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan pada hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi manaqiban kelompok tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah di Joglo Asy-Syafa’ah memiliki peran yang signifikan dalam penyebaran Islam serta memperkuat identitas keagamaan masyarakat Desa Pulau Semambu, tercermin dari meningkatnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap ajaran islam, menciptakan lingkungan dengan suasana yang lebih Islami, mempererat hubungan hablumminallah maupun hablumminannas serta memperkaya khazanah keislaman lokal.
Copyrights © 2025