Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Karakteristik Instrumen Tes Literasi Digital Ditinjau dari Validitas Isi dan Validitas Empiris (Kecocokan Butir dengan Model, Reliabilitas, serta Tingkat Kesukaran Butir)

Nurhasanah (Unknown)
Zul Hidayatullah (Unknown)
Arif, Moh. Badrus Sholeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi digital dalam pembelajaran fisika. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan instrumen tes oleh (Mardapi, 2008). Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pembuatan instrumen, tahap analisis tes, dan tahap uji coba tes. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII MIPA sejumlah 269 peserta didik. Analisis validitas isi menggunakan Validitas Aiken’s V. Analisis empiris menggunakan Teori Respon Butir dengan memanfaatkan program QUEST dan Parscale. Analisis butir yang dilakukan meliputi kecocokan model, reliabilitas butir, dan tingkat kesukaran. Instrumen tes literasi digital yang dikembangkan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai alat ukur yang valid dan reliabel dengan karakteristik sebagai berikut: nilai validitas isi untuk semua butir soal dinyatakan valid; secara keseluruhan butir soal literasi digital yang dikembangkan fit dengan model Rasch; nilai reliabilitas tes yang dihasilkan masuk dalam kategori istimewa; tingkat kesukaran 9 butir soal secara keseluruhan memiliki tingkat kesukaran yang baik dan beragam (terdapat butir soal yang mudah, sedang, sulit).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...