Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Pengembangan LKPD Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Islamiyati, Dian (Unknown)
Rokhmat, Joni (Unknown)
Anwar, Yunita Arian Sani (Unknown)
Mahrus (Unknown)
Mahmudah, Huraiza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi kearifan lokal berbasis augmented reality berbantuan aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap validasi, produk dinilai oleh validator ahli menggunakan indeks validitas Aiken’s V dan reliabilitas Percentage of Agreement (PA). Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berada dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor Aiken’s V > 0,80. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai rata-rata PA ≥ 0,93 yang mengindikasikan produk berada dalam kategori reliabel. Produk yang dikembangkan memadukan nilai-nilai budaya lokal, seperti tradisi panjat pinang, dengan teknologi augmented reality, yang memungkinkan peserta didik mengakses model 3D melalui perangkat smartphone. LKPD ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi IPA melalui pendekatan kontekstual dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi kearifan lokal berbasis augmented reality layak diimplementasikan dalam pembelajaran untuk mendukung keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...