Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan pembimbingan dalam penanganan kesulitan membaca yang dialami oleh kelas 3 dan 4 SDN Panjalu. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan Metode Service Learning dengan mengintegrasikan pembelajaran ke dalam kegiatan pengabdian masyarakat atau Kemitraan Universitas–Masyarakat (KUM). Pengabdian berbasis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa siswa kelas III dan IV di SDN Putra Panjalu menghadapi beragam tantangan dalam kemampuan membaca, terutama terkait pengenalan huruf, pengejaan, serta pembacaan huruf konsonan, vokal, diftong, dan suku kata. Faktor penyebab adalah minimnya dukungan orang tua, lingkungan yang kurang mendukung, serta rendahnya minat siswa untuk belajar. Hasil pengabdian yang berdampak kepada masyarakat adalah peningkatan kemampuan membaca siswa, keberhasilan dalam identifikasi masalah membaca, meningkatnya kesadaran guru, peningkatan dukungan orang tua, pengembangan bahan ajar membaca, serta peningkatan kesadaran masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024