Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Mongisidi III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk membantu pendidik menemukan dan mengurus masalah yang terjadi dalam pembelajaran dalam kelas. Penelitian iniĀ dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Mongisidi III yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen ini berupa soal PG serta essay. Strategi investigasi informasi bersifat subjektif dan kuantitatif yang jelas. Hasil dari ujian ini adalah sekitar 70% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) 70. Hasil dari tinjauan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifanĀ dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Mongisidi III. Hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I dengan nilai rata-rata 8 dengan tingkat persentase 66,6% dan diperluas pada siklus II dengan nilai rata-rata 11,6 dengan persentase 97% untuk keaktifanĀ siswa. Selain itu, untuk hasil belajar siswa pada siklus I 64 dengan persentase 38% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 89 dengan persentase 84%.
Copyrights © 2024