Pinisi: Journal of Teacher Proffesional
Vol 5, No 3 (2024): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IVA SDN MONGISIDI III

Agam, Nur Fadilah (Unknown)
Rahman, Hardianto (Unknown)
Nurghani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Mongisidi III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk membantu pendidik menemukan dan mengurus masalah yang terjadi dalam pembelajaran dalam kelas. Penelitian iniĀ  dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Mongisidi III yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen ini berupa soal PG serta essay. Strategi investigasi informasi bersifat subjektif dan kuantitatif yang jelas. Hasil dari ujian ini adalah sekitar 70% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) 70. Hasil dari tinjauan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifanĀ  dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Mongisidi III. Hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I dengan nilai rata-rata 8 dengan tingkat persentase 66,6% dan diperluas pada siklus II dengan nilai rata-rata 11,6 dengan persentase 97% untuk keaktifanĀ  siswa. Selain itu, untuk hasil belajar siswa pada siklus I 64 dengan persentase 38% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 89 dengan persentase 84%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TPJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Pinisi: Journal of Teacher Professional is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher education. We publish original research papers, review articles and case studies focused on ...