BULETIN BISNIS & MANAJEMEN (BBM)
Vol 11, No 1 (2025): Vol. 11 No. 1

PENGARUH PROMO FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEN Z DI KOTA SALATIGA

Purwoko, Edo Indrawan (Unknown)
Zusrony, Edwin (Unknown)
Hargyatni, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Pengaruh flash sale dan free shipping terhadap keputusan pembelian e-commerce telah menarik perhatian yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena belanja online terus berkembang sebagai respons terhadap perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi. Flash sale yang ditandai dengan diskon terbatas waktu, menciptakan rasa urgensi yang dapat berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengkaji bagaimana flash sale dan free shipping memengaruhi keputusan pembelian produk e-commerce Shopee di kalangan Gen Z di Kota Salatiga. Penelitian ini memiliki kontribusi praktis yang dapat dipertimbangkan bagi platform e-commerce mengenai strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan 100 responden berusia 17-27 tahun sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Penilaian menggunakan skala likert dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Regresi linier berganda merupakan teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan aplikasi SPSS 29 untuk pengolahan data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel flash sale dan free shipping berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk e-commerce, baik secara parsial maupun simultan. Nilai signifikansi dalam uji statistik di bawah 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BBM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Buletin Bisnis & Manajemen (BBM) terbit awal pada Pebruari 2015. BBM merupakan terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang. Penerbitan BBM dimaksudkan sebagai media penuangan karya ilmiah baik berupa kajian ilmiah maupun hasil penelitian di bidang bisnis ...