Rendahnya kemampuan membaca di SMPN 2 Sruweng menjadi latar belakang penelitian. Hasil tes diagnostik menunjukkan bahwa subjek penelitian yaitu kelas VIIIB kemampuan membacanya masih rendah dengan indikasi rata-rata nilainya 60 dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) sebesar 37,5%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yang menjadi subjek penelitian. Dengan menerapkan metode penelitian One Group Pre-test Post-test, peneliti menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu Card Games dengan sintak mengamati, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan. Hasil post-test menunjukkan peningkatan dengan rerata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 75,31 dengan KKTP yaitu 100%. Dari hasil observasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong, 59,30% peserta didik sudah menunjukan sikap kerjasama dan pada dimensi mandiri dan kreatif, 78,12% sudah mampu menjawab pertanyaan pada sebuah teks yang disajikan secara mandiri. Melihat adanya perubahan kompetensi dan perubahan perilaku berdasarkan hasil post-test di atas, maka penerapan CIRC berbantu Card Game mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIIIB SMPN 2 Sruweng.
Copyrights © 2024