Latar belakang penelitian ini adalah rendahanya keterampilan menulis peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Karangsambung, Kebumen. Mengambil nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 70, hasil asesmen awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik yaitu 66 dan masih dibawah KKTP. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui implementasi discovery learning berbantu talking stick pada peserta didik kelas VIII A sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan Quasi Experiment One Group Pre-test Post-test sebagai desain penelitian dikarenakan penelitian dilakukan pada satu kelompok yaitu kelas VIII A SMPN 2 Karangsambung, Kebumen. Pada pelaksanaannya, peneliti mengikuti sintak yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Hasil asesmen akhir menunjukkan peningkatan keterampilan menulis siswa dengan indikator rata-rata nilai adalah 78. Hasil observasi Profil Pelajar Pancasila menunjukkan bahwa pada dimensi mandiri, peserta didik mampu mencari ide karya tulis secara mandiri, pada dimensi bergotong royong, peserta didik menunjukkan sikap kerjasama dalam memecahkan masalah, pada dimensi kreatif siswa dapat mengembangkan idenya menjadi karya tulis. Perubahan kompetensi dan perubahan perilaku menunjukkan bahwa metode discovery learning berbantu talking stick mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas VIIIA SMPN 2 Karangsambung, Kebumen.
Copyrights © 2024