EDUCATE : Journal of Education and Culture
Vol. 3 No. 01: Januari 2025

WAWASAN POLITIK-IDEOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM DI PAKISTAN DAN IRAN: INTEGRASI DOKTRIN SUNNI-SYI’AH

Maulani (Unknown)
Sassi, Komarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Studi ini mengeksplorasi wawasan politik-ideologis di Pakistan dan Iran mengenai pendidikan Islam, khususnya berfokus pada integrasi doktrin Sunni dan Syiah dalam sistem pendidikan di kedua negara. Di Pakistan, sistem pendidikan mayoritas dipengaruhi oleh ajaran Sunni, seringkali mengabaikan keberadaan ajaran Syiah, sehingga menimbulkan pola pikir eksklusif di kalangan pelajar dan memperparah ketegangan sosial. Sebaliknya, pendidikan di Iran sangat didasarkan pada ajaran Syiah, yang terintegrasi dengan identitas nasional dan ideologi politik negara, seringkali mengabaikan pluralisme. Melalui pendekatan deskriptif-analitis dengan menggunakan berbagai sumber, antara lain jurnal nasional dan internasional terakreditasi, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan dari kedua negara, penulis bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana integrasi doktrin Sunni dan Syiah meresap ke dalam kurikulum pendidikan di Pakistan dan Pakistan. Iran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan doktrin Sunni dan Syiah dalam pendidikan Islam dapat berkontribusi pada kehidupan beragama yang harmonis dan toleran, serta mengurangi potensi konflik berkepanjangan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following ...