Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa di SMP Negeri 1 Rambah Hiliryang salah satu faktor nya disebabkan oleh Interaksi Teman Sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Ramah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana, Populasi 79 siswa kelas VIII dan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai variabel interaksi teman sebaya 70,27% masuk kedalam kategori Kuat, sedangkan hasil belajar dengan rata-rata 64.38% masuk kedalam kategori Cukup. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai 16.455 > 1,664 pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII dengan 77,7% sedangkan sisanya 22,3% dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti motivasi belajar, kecerdasan, lingkungan keluarga dan sebagainya. Saran dalam penelitian ini bagi kepala sekolah agar diharapkan untuk menciptakan lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan teman sebaya.
Copyrights © 2024